6 Cara Termudah Mengatasi Laptop Cepat Panas



Cara Ter-Mudah Mengatasi Laptop Cepat Panas-Laptop cepat panas adalah salah satu masalah terbesar yang sering dialami oleh pemilik laptop. Masalah ini terutama dialami oleh laptop yang telah berumur, namun tidak menutup kemungkinan juga dialami oleh laptop yang masih baru.

Tentu kesal kan jika laptop kamu mengalami overhead atau panas berlebihan? Biasanya tidak nyaman digunakan karena tangan terasa panas pada saat menggunakannya. Selain masalah ketidak nyamanan, laptop yang panas juga tidak aman digunakan karena berisiko tinggi merusak komponen hardware yang berada di dalamnya jika tetap digunakan.

Walaupun laptop memiliki spesifikasi yang tinggi, akan tetapi jika sudah dalam keadaan panas maka performanya turun menjadi lambat.


Nah, sebelum saya membahas solusi dari permasalahan ini, saya akan memberi tahu informasi yang cukup penting ini.

Jika laptop anda sering overheat namun tak kunjung diperbaiki atau anda cuekin, bisa saja di lain hari , laptop anda akan mengalami masalah yang lebih serius.

Seandainya anda menganggap remeh hal ini, laptop anda mungkin akan sering hang, kadang restart otomatis bahkan bisa menyebabkan laptop suka mati dengan sendiri . Masalah ini tentu membuat anda kesel setengah mati.

Daripada hal buruk tersebut menimpa laptop kesayangan anda . Lebih baik anda baca dan lakukan beberapa tips di bawah ini :

1. Istirahatkan Dan Atur Jadwal Penggunaan Laptop


Menggunakan laptop secara terus menerus dalam waktu yang lama (tanpa jeda) ternyata akan membuat laptop menjadi lebih cepat panas. Apalagi jika digunakan untuk kerja berat seperti main game DOTA 2, edit video dengan Affter Effect atau edit foto dengan Photoshop.

Sama halnya dengan manusia, laptop juga perlu istirahat. Tidak bisa kita samakan dengan PC/komputer desktop yang lebih kuat performanya.

Maka dari itu, berilah rentang waktu untuk istirahat. Misalnya melakukan Hibernate atau Sleep setiap 3 jam sekali.

Tunggu beberapa saat, sekiranya sampai 30 menit. Setelah itu, Anda bisa menggunakan laptop seperti semula.

Jika ingin mengistirahatkan laptop lebih lama lagi, Anda sebaiknya mematikan laptop dengan mode Shutdown. Hal ini karena mode sleep/hibernate yang terlalu lama itu kurang baik dan bisa menyebabkan permasalahan lain.

2. Gunakan Cooling Pad


Cooling pad dapat mengurangi overheat pada laptop, dengan cara mengalirkan udara segar melalui bagian bawah laptop, sehingga sirkulasi udaranya menjadi lancar.

Namun, jika salah dalam penggunaan Cooling Pad justru bisa membawa debu masuk ke dalam laptop. Kondisi ini rentan ketika cooling pad dalam keadaan kotor.

Oleh karena itu, pastikan untuk rutin membersihkan cooling pad dari debu-debu yang menempel.

Adapun jika desain perangkat laptop dibuat sirkulasi udaranya di bawah monitor.

Hal ini menjadi dilema ketika ingin menggunakan kipas Cooling Pad, karena tidak begitu berguna. Udara hanya berputar-putar saja disitu.

Harga cooling pad eksternal berkisar 100.000-an . Dengan harga tersebut , saya pastikan bahwa cooling pad yang dijual memiliki kualitas mumpuni dan dapat mencegah laptop cepat panas .

3. Membersihkan Kipas Atau Heatslink Laptop


Cara mengatasi laptop cepat panas berikutnya, adalah dengan membersihkan part atau komponen yang ada pada laptop. Ada beberapa sumber yang membuat laptop cepat panas.

Mereka adalah prosessor, hardisk, baterai, VGA, adaptor dan kipas. Untuk poin terakhir, yang biasanya terjadi, adalah kipas yang ada dalam laptop sudah kotor dan tertutup debu yang tebal. Hal tersebut mengakibatkan kipas tidak berputar dengan kencang.

Luangkan waktu anda untuk membersihkan kipas pada laptop.

Gunakanlah juga pelumas antara 3 minggu hingga 4 minggu sekali. Hal ini bisa anda lakukan sendiri. Bukalah bagian middle cover laptop dengan cara mencungkil secara hati-hati dan angkat cover-nya.

Setelah itu bukalah skrup dan angkat penutupnya. Lalu bersihkanlah kipas dengan kain halus. Manfaatkan juga cutton bud untuk menjangkau sudut-sudut yang sempit pada kipas, agar lebih bersih.

Cara mengatasi laptop cepat panas yang satu ini bisa anda lakukan sebelum memulai pekerjaan, agar nanti di tengah-tengah kerja anda tidak terganggu oleh laptop yang mulai panas.

4. Gunakan Alas Laptop Dengan Sirkulasi Udara Yang Baik


Jika Anda sedang menggunakan laptop, coba perhatikan alas laptop Anda. Apakah memiliki sirkulasi udara yang baik atau tidak. Jangan meletakkan laptop di tempat yang minim sirkulasi, misalnya di atas bantal atau kasur.

Pada umumnya, laptop-laptop sekarang memiliki sirkulasi/pembuangan udara pada bagian samping dan bagian bawah laptop.

Lubang sirkulasi ini tentunya memegang perananan penting, terutama untuk mengeluarkan dan mengatur suhu panas yang ada di dalam laptop.

Bila Anda menempatkan laptop yang sedang menyala di atas bantal/kasur, tentu sirkulasi udara menjadi buruk. Udara panas terperangkap oleh kasur yang permukaannya tidak rata, empuk dan bersifat hangat. Akhirnya, udara baru yang hendak masuk ke dalam laptop menjadi terhalang.

Ingat juga , jangan gunakan paha anda sebagai alas laptop karena hal ini dapat membahayakan diri anda dan laptop anda sendiri ,oke.

Cobalah untuk memindahkan laptop pada alas yang permukaannya rata seperti meja atau lantai yang bersih.

5. Ubah Settingan Laptop


Cara yang kelima adalah dengan melakukan perubahan pengaturan atau setting pada laptop itu sendiri. Anda bisa melakukan pengaturan LCD dengan pencahayaan yang minim, sehingga tidak akan menguras energi dan membuat laptop menjadi semakin panas.

Lihatlah juga pengaturan pada BIOS. Selain mengandalkan pengaturan pada laptop, salah satu cara mengatasi laptop cepat panas yang anda bisa lakukan adalah dengan cara mendownload berbagai software yang dapat digunakan untuk setting power pada laptop.

Misalnya saja adalah Speedfan, yang berfungsi untuk mengontrol suhu pada prosessor dan komponen lainnya.

6. Ganti Thermal Paste CPU


Cara yang terakhir adalah mengganti thermal paste . Lalu apa itu thermal paste ??? .

Thermal Paste CPU merupakan komponen di dalam laptop yang memiliki fungsi menghantarkan suhu panas pada GPU dan prosesor. Seiring dengan lamanya penggunaan, Thermal Paste laptop dapat mengalami dried out atau mengering. Jika sudah seperti itu, efektivitanya akan berkurang menyebabkan hawa panas terperangkap pada chip.

Untuk mengatasinya, kamu harus mengganti salah satu komponen tersebut. Terutama Kalau laptop sudah menunjukkan gejala sering blank dan overhead. Mengecek Thermal Paste CPU perlu kamu lakukan secara berkala.


Sekian tips dari saya untuk mengatasi laptop yang cepat panas . Perlu dicatat bahwa setiap peralatan apapun akan memiliki masa pemakaian, termasuk laptop.

Untuk itu jika umur laptop sudah sangat lama, pastinya peforrmanya tidak sebaik saat masa awal membeli laptop.

Saya sarankan untuk membeli yang baru. Atau memperhatikan penggunaan software yang tidak terlalu membani kinerja laptop anda .


Semoga Bermanfaat ......৯玆玆玈玈卤卤鹾鹾魦

0 Response to "6 Cara Termudah Mengatasi Laptop Cepat Panas"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca : 6 Cara Termudah Mengatasi Laptop Cepat Panas. Silahkan masukan email anda dibawah ini! untuk mendapatkan artikel terbaru dari Reza Tholib. Terimakasih.