Ternyata Ini 8 Aplikasi Paling Boros Baterai Smartphone !!!!


Pada kesempatan menulis di hari cerah yang minggu ( sorry kebalik ) ini . Saya akan membuat list atau daftar 8 aplikasi android yang banyak memakan baterai smartphone . Simak terus dibawah ini ya : 

Salah satu kelemahan smartphone yang canggih di jaman ini dibanding dengan smartphone tahun 2000-an adalah daya baterai yang sangat cepat terkuras habis .

Smartphone pada jaman saat ini memang menawarkan fitur - fitur canggih yang tidak bakalan dijumpai pada hp - hp jadul . Namun fitur - fitur canggih tersebut juga membuat daya baterai smartphone cepat - habis . 

Hingga anda harus mondar - mandir charge smartphone . Dan terpaksa bermain smartphone saat keadaan charge . Padahal kita tau , itu berbahaya .


Lalu apa penyebab borosnya baterai pada smartphone canggih zaman now ??? .

Salah satu penyebab borosnya baterai adalah banyaknya aplikasi yang diinstal pada smartphone itu sendiri.

Aplikasi - aplikasi dismartphone cenderung untuk sangat membebani konsumsi baterai saat aplikasi itu dihidupkan .

Terlebih pada smartphone dengan platfrom android . OS android dikenal sudah cukup banyak menghabiskan sumber daya baterai smartphone .

Apalagi ditambah dengan adanya aplikasi bawaan pabrik yang tidak bisa dihapus . Terlebih jika anda menggunakan aplikasi yang memang selalu hidup , saat anda menyalakan smartphone anda...

Aplikasi memang dibuat untuk lebih memudahkan pengguna untuk mendapatkan akses tertentu. Tapi, selain kelebihannya tersebut, ada beberapa aplikasi yang membutuhkan suplai daya yang tidak sedikit. Hal ini berimbas pada borosnya penggunaan baterai di android itu sendiri.

Dan berikut , beberapa aplikasi yang sangat cepat menguras baterai smartphone kesayangan anda :

1. Facebook


Sudah bukan rahasia lagi kalau Facebook menjadi aplikasi yang menghabiskan banyak daya. Bahkan pihak Facebook mengakui kalau aplikasinya memang berat dan banyak menguras baterai. 

Aplikasi Facebook memberikan kamu notifikasi real time untuk message, komentar, like dll. Hal ini membuat Facebook harus terus berjalan di latar belakang yang membuatnya banyak menghabiskan baterai bahkan RAM android-mu.

2. BBM ( BlackBerry Messenger )


Tidak banyak pengguna smartphone yang tahu kalau aplikasi chatting ini menguras baterai smartphone .

Awalnya aplikasi ini hanya tersedia dalam platfrom blackberry . Namun karena semakin sedikitnya peminat smartphone yang satu ini membuat aplikasi BlackBerry Messenger juga tersedia dalam platfrom lain , seperti android dan ios .

BlackBerry Messenger juga telah terbukti jika memakan banyak daya smartphone . Karena bisa dilihat dari pemakaian RAM -nya yang sangat besar dan prosesnya yang terus berjalan . 

Mulai dari menerima pesan , inivite dan update status yang tentu membuat baterai smartphone cepat terkuras habis .

3. Google Maps


Google Maps memang sangat berguna untuk membantu menentukan arah jalan. Di sisi lain, performa layanan peta milik Google ini justru juga menjadi salah satu faktor yang membuat baterai boros.

Di samping kegunaannya, aplikasi ini dapat membuat baterai cepat habis karena menggunakan sinyal GPS online. Untuk mengatasinya, jika kalian sedang tidak memakai Google Maps, sebaiknya matikan sinyal GPS agar baterai lebih hemat.

4. Game Online Atau Game Grafik 3D


Salah satu faktor baterai smartphone cepat habis adalah karena adanya aplikasi game , apalagi Game dengan grafis 3D. Game 3D memang sangat mengasyikan jika dimainkan dengan smartphone . Namun game ini juga memiliki peran besar untuk menguras daya baterai smartphone anda.

Game online atau game yang memerlukan koneksi internet memang sangat menyenangkan karena dapat bermain bersama dengan teman - teman . Namun juga perlu diingat , bahwa game online juga akan menguras daya baterai anda dengan cepat .

Apalagi jika game online tersebut memiliki grafis 3D , tentu penggunaan baterai akan bertambah 2x lipat . Contoh gamenya adalah : Crisis Action dan Vainglory

5. Clean Master


Memang sih aplikasi ini berguna untuk membersihkan ‘sampah-sampah’ yang ada di smartphone kamu. Selain itu, Clean Master juga berperan untuk meringankan ‘beban’ di smartphone kamu dengan cara membersihkan aplikasi yang sedang tidak terpakai. 

Tetapi, perlu kamu ketahui bahwa memori yang dibutuhkan untuk dapat memiliki aplikasi Clean Master cukuplah besar.

Salah satu hal yang membuat aplikasi Clean Master membutuhkan ruang memori yang besar adalah adanya fitur booster pada aplikasi ini dan fitur-fitur lainnya yang terus berjalan di background smartphone. 

Alhasil, kamu harus merelakan memori besar terpakai untuk aplikasi Clean Master karena aplikasi ini penting sekali di smartphone kamu.

6. Battery Saver


Pada dasarnya aplikasi cleaner dan battery saver mempunyai sistem kerja yang hampir sama. Dengan alih-alih meningkatkan performa smartphone, kedua aplikasi tersebut melakukan "kill apps" secara paksa. 

Alhasil RAM akan lebih lega. Jika kalian berpikir ini ekeftif, maka kalian salah besar.

Aplikasi yang dibunuh tersebut seketika akan djalankan ulang oleh sistem android, jadi apa yang kamu lakukan hanyalah sia-sia. 

Atau mungkin malah membuat ponsel bekerja 2 kali karena harus menjalankan aplikasi yang dimatikan secara paksa. 

Percayalah, sistem android sudah dibuat sedemikian rupa untuk mengatur mana aplikasi yang harus dijalankan dan tidak.

7. Weather Forecast


Dengan aplikasi Weather Forecast atau ramalan cuaca , anda dapat mengerti cuaca diluar akan panas atau hujan . 

Aplikasi ini memanglah sangat membantu , namun aplikasi ini juga merupakan apliikasi penguras baterai karena memperlukan pembaruan secara berkala . Apalagi jika anda memasang aplikasi ini pada layar utama smartphone anda . Kebanyangkan bagaimana borosnya . 

Selain boros baterai , aplikasi ini juga boros kuota . Cara mengatasinya adalah menginstal aplikasi Google Now yang dapat kamu jadikan alternatif dari Weather Forecast ini . 

8. LINE Mesengger


Saat ini eksistensi instant messanger LINE sedang naik-naiknya. Banyak sekali orang yang menggunakan LINE karena merasa LINE adalah instant messenger yang paling lengkap. 

Coba cek saja, di LINE kamu bisa menemukan akses chatting, timeline, stickers, notes, keep file, video call, call, games, dan lainnya. Kelengkapan itu membuat LINE menuntut porsi yang begitu besar dalam memori smartphone kamu.

Jika LINE hanya kamu gunakan untuk chatting saja, lebih baik kamu men-download LINE Lite yang tentu kapasitas memorinya lebih ringan daripada LINE yang utama. Tetapi tentu saja fiturnya terbatas.


Sekian pembahasan dari saya mengenai beberapa aplikasi smartphone yang dengan cepat menguras daya baterai smartphone anda . Apakah anda berniat untuk menghapus aplikasi - aplikasi tersebut ??

Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat ..ㄖㄖ〔〔ㄍㄐㄈㄗㄖ

0 Response to "Ternyata Ini 8 Aplikasi Paling Boros Baterai Smartphone !!!!"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca : Ternyata Ini 8 Aplikasi Paling Boros Baterai Smartphone !!!!. Silahkan masukan email anda dibawah ini! untuk mendapatkan artikel terbaru dari Reza Tholib. Terimakasih.