6 Tips Aman Berbelanja Online

Belanja Online
6 Tips Aman Berbelanja Online-Pada zaman yang sangat modern ini , teknologi berkembang dengan sangatlah pesat . Bahkan anda tidak usah bergerak keluar rumah untuk mencari barang yang anda inginkan . Karena anda hanya cukup mengunjungi beberapa website atau aplikasi yang menawarkan penjualan barang secara online . Trend e-commerce ini sudah lama di Indonesia .

Namun bagi anda yang belum pernah mencoba membeli barang secara online . Pasti anda ragu atau takut jika anda terkena penipuan .

Saya menulis artikel ini karena tetangga saya sudah tertipu penjualan handphone murah seharga 1,6 juta yang akan dikirim ke makassar .Namun barang tersebut juga tidak dikirimkan . Parahnya , penipu meminta uang 3,5 juta lagi untuk biaya administrasinya , kalau tidak ditransfer akan dilaporkan ke kantor polisi . Kan gak masuk akal banget ....

Oleh karena itu anda harus sangat hati - hati jika ingin melakukan kegitan berbelanja online . Dan berikut beberapa tips aman untuk berbelanja online :


Baca Juga : " Selengkapnya Mengenai Rekber ( Rekening Bersama ) "

1. Pilih Website Atau Aplikasi Terpercaya

Yang paling utama adalah anda menggunakan website yang terpercaya atau minim penipu . Website tersebut harus memiliki reputasi yang baik dan lihat juga komentar orang - orang yang telah menggunakan website tersebut .

2. Pastikan Toko Telah Terverifikasi

Jika anda ingin membeli barang disebuah aplikasi jual-beli barang online . Pilihlah agen atau toko yang telah terverifikasi atau toko official . Biasanya jika toko itu adalah toko official merk suatu produk . Dapat dipastikan anda tidak terkena penipuan .

Anda juga harus mengenali penjual dan data lengkap penjual . Serta banyaknya like dan ulasan barang terkirim yang telah berhasil dilakukan . Lihat juga reputasi penjual , jangan pilih yang newbie karena berpotensi menipu .

3. Rekber 

Rekber adalah rekening bersama yang merupakan salah satu jasa sebagai perantara pembeli dan penjual . Dengan adanya rekber, tindak penipuan bisa diminimalisir. Karena dengan adanya rekber, uang yang ditransfer akan ditahan oleh pihak rekber, sehingga gak langsung sampai ke penjual sampai barang yang kita beli diterima. Maka dari itu, sebaiknya gunakanlah rekber untuk melakukan transaksi online .

Tipz dari saya adalah selalu menggunakan rekber saat berbelanja online dan pilihlah rekber terpercaya .

4. Pastikan Membaca Kebijakan Toko

Jika anda ingin membeli barang disuatu toko online . Anda harus membaca secara cermat dan teliti mengenai kebijakan yang ditetapkan oleh toko tersebut . Jangan sampai kebijakan yang ditetapkan malah membuat anda rugi .

5. COD ( Cash On Demand )

COD merupakan cara paling aman yang dapat anda gunakan dan metode ini sangat berguna untuk mengecek kondisi barang sebelum anda beli . COD itu artinya antara penjual dan pembeli bertemu disuatu tempat yang telah direncanakan atau ditetapkan .

Jika anda menemukan toko atau agen yang berada disekitar daerah anda . Lebih baik anda menggunakan metode COD , karena lebih aman . Jika penjual tidak mau diajak COD , maka anda patut mencurigai agen tersebut . Kecuali jika memang agen memiliki kesibukan tinggi ..

6. Simpan Bukti Pembayaran , Email , dan SMS

Tips ini sangatlah wajib anda lakukan untuk menghindari penipuan belanja online . Anda harus menyimpan bukti pembayaran via transfer . Dan juga menyimpan email dan sms anda dengan penjual . Jika barang tidak segera dikirim , lebih baik laporkan ke polisi dengan bukti - bukti yang telah anda miliki .


Sekian beberapa tipz dari saya untuk melakukan transaksi beli barang secara online . Pastikan anda lakukan tipz - tipz diatas untuk mencegah penipuan yang sedang marak terjadi di Indonesia .

Semoga bermanfaat ....੮୩୩৯੮

0 Response to "6 Tips Aman Berbelanja Online"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca : 6 Tips Aman Berbelanja Online. Silahkan masukan email anda dibawah ini! untuk mendapatkan artikel terbaru dari Reza Tholib. Terimakasih.