Berbahaya , Ini 5 Penyebab Utama Meledaknya Ponsel !!!


Ini  Penyebab Meledaknya Ponsel Android !!!-Pada kesempatan menulis di esok hari yang dingin ini . Saya akan menjelaskan mengenai beberapa faktor utama yang menyebabkan terjadinya ledakan pada smartphone . Dan beberapa tipz untuk mencegahnya .

Kasus ledakan smartphone saat ini sedang marak terjadi . Banyak korban yang luka - luka karena kejadian ini . Contohnya kasus seorang anak berusia 12 tahun di China yang terkena ledakan ponsel miliknya sendiri dan harus dilarikan ke rumah sakit . Kan ngeri !!

Lalu pada tahun 2016 , sebuah ponsel samsung Galaxy Note 7 meledak , hingga penjualannya harus ditarik dari pasar terlebih dahulu .

Bahaya ponsel meledak juga dapat terjadi pada diri anda , jika tidak mengerti beberapa faktor yang menyebabkan ponsel meledak .

Dan berikut faktor serta penjelasannya :

1.Menggunakan Ponsel Sambil Dicharge


Sebuah smartphone tentu butuh beristirahat , salah satunya dengan dicas ini . Jika anda bermain smartphone saat dicas hal ini akan menyebabkan terjadinya ledakan karena saat dicharge , smartphone akan panas ditambah dengan pemakaian yang anda lakukan membuat smartphone bertambah panas dan akan memicu ledakan .

Selain itu menggunakan smartphone saat dicas juga akan mengurangi kualitas baterai dan mengakibatkan baterai anda cepat habis .

Tipz dari saya adalah untuk tidak bermain smartphone saat dicas . Jika ingin bermain walaupun sebentar , lebih baik cabut dulu chargernya .

2. Melakukan Overcharging

Overcharging adalah ketika anda mengecas sebuah smartphone lalu anda tinggal lama . Dan smartphone tersebut masih dalam keadaan charging walaupun sudah penuh .

Hal ini akan memicu panasnya suatu baterai dan akan membuat baterai smartphone meledak . Hal ini biasa terjadi jika baterai yang anda miliki adalah baterai murahan .

Salah satu pakar teknologi menyebutkan jika baterai - baterai dengan kualitas tinggi akan menyertakan sebuah fitur keamanan yang dapat mencegah reaksi ledakan pada baterai .

Overcharging juga dapat mengakibatkan badan baterai membengkak . Jika sudah terjadi pembengkakan lebih baik beli baterai yang baru dan berkualitas .

Tipz dari saya adalah untuk mengetahui berapa lama smartphone akan penuh atau dengan beberapa aplikasi yang dapat membunyikan sebuah suara untuk memberitahukan bahwa smartphone telah selesai dicharge . Pada smartphone juga biasanya sudah tersedia .

3. Masalah Produk Baterai


Kasus ponsel meledak yang menimpa Samsung Galaxy Note 7 berasal dari masalah pembuatan baterai. Perusahaan tersebut ternyata memasok baterai dari dua sumber yang berbeda.

Untuk baterai yang berasal dari Samsung IBT, ternyata tidak ada cukup ruangan antara lapisan pelindung panas dan bagian internalnya, sehingga menyebabkan korslet.

Sementara untuk baterai yang dipasok dari Amperex Technology Limited, ternyata beberapa sel ditemukan tidak memiliki insulation tape, dan beberapa baterai memiliki prostrusi (tonjolan) yang tajam yang dapat menyebabkan kerusakan pada separator antara anoda dan katoda.

Baterai-baterai yang juga memiliki separator yang tipis dapat menambah risiko kerusakan separator dan korslet.

Tipz dari saya adalah anda harus cermat saat memilih produk baterai smartphone . Belilah yang sudah disediakan oleh toko produk smartphone atau originalnya .

4. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Anda mungkin pernah mengalami saat memasukan kepala charge ke stop kontak terjadi percikan kecil berwarna biru kekuningan. Itu membuktikan bahwa tegangan listrik dapat menghasilkan api.

Bila tegangan listrik tidak stabil, dapat memicu percikan yang lebih besar , bahkan ledakan .

Tipz dari saya adalah untuk tidak berpindah -pindah stop kontak saat melakukan pengisian daya smartphone agar tidak terjadi percikan yang sebenarnya juga mengurangi kualitas sebuah charger smartphone .

5. Menggunakan Baterai Yang Sudah Tak Layak


Kebanyakan perangkat Android memungkinkan Anda untuk mengeluarkan dan mengganti baterai. Pastikan Anda membeli baterai baru atau baterai cadangan yang original. Baterai non-original walau lebih murah biasanya kualitas akan lebih rendah, yang berarti baterai tidak akan tahan lama dan bahkan bisa memicu baterai meledak.

Pastikan juga , kalau baterai yang anda pakai masih tergolong muda dan belum tua . Cara mengeceknya adalah dengan membiarkan smartphone penuh dan didiamkan dalam waktu 1 hari , jika daya baterai habis maka saya pastikan baterai tersebut sudah tua .

Tipz dari saya adalah untuk selalu mengecek kondisi baterai dan menggantinya setiap satu tahun sekali .


Sekian penjelasan dari saya mengenai penyebab meledaknya ponsel android . Dari penjelasan diatas , anda dapat mengambil kesimpulan bahwa kebanyakan disebabkan masalah pada baterai smartphone yang mudah panas dan memicu ledakan .

Dan semoga bermanfaat.....玄玄玄玅玅率率玈玅玅率率率率率率玈玈

0 Response to "Berbahaya , Ini 5 Penyebab Utama Meledaknya Ponsel !!!"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca : Berbahaya , Ini 5 Penyebab Utama Meledaknya Ponsel !!!. Silahkan masukan email anda dibawah ini! untuk mendapatkan artikel terbaru dari Reza Tholib. Terimakasih.