Sebab Baterai Android Cepat Boros Dan Cara Mengatasinya


Sebab Baterai Android Cepat Boros Dan Cara Mengatasinya-Pada artikel di hari rabu yang cerah dan indah ini . Saya akan membagikan sebuah tips atau cara mengenai penyebab baterai smartphone dengan platfrom android yang cepat habis .

Smartphone dengan plarfrom android memang sudah dikenal boros baterai . Karena beberapa pemakaian aplikasi bawaan yang selalu hidup saat hp android dihidupkan .

Pasti anda sangat kesal dengan masalah yang anda alami tersebut . Contohnya ketika anda sedang bermain game dengan enaknya lalu tiba-tiba baterai anda habis . Pasti anda sangat kesal , apalagi kalau gamenya mobile legend , pasti anda sudah dianggap melakukan afk .

Daripada basa - basi tidak jelas , lebih baik langsung saja saya jelaskan beberapa hal yang menyebabkan daya baterai smartphone cepat terkuras habis . Simak Dibawah ini :

1. Aplikasi Penguras Baterai



Sebagai pengguna Android, kalian pasti dimanjakan dengan banyak aplikasi yang bisa digunakan. Namun, harus berhati-hati karena mungkin ada satu atau beberapa aplikasi bisa membuat baterai menjadi sangat boros.

Untuk mengetahuinya, kalian bisa memeriksa menu Settings lalu Battery, guna melihat aplikasi yang memakan daya baterai besar.

Adapun untuk pemeriksaan lebih rinci, bisa menggunakan aplikasi khusus monitor baterai seperti GSam Battery Monitor. Aplikasi ini akan menampilkan data pemakaian baterai dari semua aplikasi yang ada di smartphone.

Tipz ,jika menemukan aplikasi kurang penting yang membuat baterai boros, lebih baik langsung hapus saja aplikasi tersebut .

2. Melakukan Multitasking

Terlalu banyak membuka beragam aplikasi bersamaan atau melakukan multitasking secara berlebihan . Hal ini dapat menguras baterai dan membuat hp anda juga terasa sangat lemot.

Tipz dari saya , lebih baik selalu hapus multitasking pada hp anda sebelum ingin membuka aplikasi lainnya .

3. Layar Smartphone


Kebanyakan smartphone saat ini menggunakan layar antara 4.5 inchi hingga 5.5 inchi karena dianggap ideal, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Sehingga lebih mudah digenggam dan mudah dioperasikan dengan satu tangan sekalipun.

Namun dengan ukuran layar yang besar , pemakaian baterai yang digunakan juga tentu lebih besar .

Tipz dari saya untuk mengatasi baterai cepat habis karena layar adalah :
  • Gunakan layar yang redup. Apabila kecerahan layar diatur seminimal mungkin, maka penggunaan energi akan lebih hemat.
  • Gunakan wallpaper dengan warna redup seperti hitam polos agar lebih hemat baterai .
  • Atur agar layar smartphone otomatis mati sesudah tidak disentuh selama 1 menit , idealnya .
  • Setting smartphone dengan mengaktifkan automatic brightness agar layar bisa menyesuaikan dengan kondisi sekitar.
4. Baterai Usang

Seharusnya anda sebagai pemilik mengetahui umur smartphone masing - masing . Jika dirasa sudah cukup lama digunakan . Sebaiknya ganti saja baterai yang sudah usang tersebut karena kinerja baterai yang usang tidak sebagus baterai yang baru .

Tipz dari saya adalah untuk membeli baterai double power karena dengan baterai tersebut kita dapat bermain smartphone lebih lama . Kapasitas baterai double power biasanya 2x lipat dari baterai biasanya .

5. Koneksi Smartphone


Dengan menggunakan smartphone , pastinya kita selalu menggunakan internet atau sebuah koneksi . Diantaranya adalah jaringan bluetooth , gps ,dan wifi . Tiga koneksi tersebut jika anda selalu aktifkan pada smartphone , akan mengakibatkan pemborosan yang berlebih .

Tipz dari saya adalah :

  • Hanya mengaktifkan koneksi bluetooth disaat akan berbagi file dengan sesama . Jika sudah selesai , langsung nonaktifkan koneksi tersebut .
  • Wifi , selalu matikan koneksi wifi setelah menggunakan smartphone . Baik dalam keadaan tersambung sinyal wifi maupun tidak tersambung . Karena jika tidak tersambung sinyal wifi , smartphone akan terus mencari sinyal sehingga dapat menguras daya baterai dengan cepat.
  • GPS ( set location ) sebaiknya dinonaktifkan saat tidak digunakan .

6. Jangan Bermain Smartphone Sambil Dicharge

Bermain smartphone dalam keadaan dicharge sangatlah berbahaya untuk kesehatan baterai anda . Selain itu , juga sangat berbahaya untuk diri sendiri . Karena banyak kasus ledakan smartphone disaat bermain smartphone sambil dicharge . Banyak yang luka darah sampai menelan korban . 

Tipz , intinya adalah " jangan pernah main smartphone saat keadaan charge walaupun cuma sebentar " .

7. Pastikan Memakai Charger Original Pabrik

Dengan menggunakan charger original pabrik , kecepatan cas smartphone lebih meningkat . Selain itu tidak akan merusak smartphone . Jika anda menggunakan cas gonta - ganti itu akan merusak baterai anda dan mengurangi kinerja smartphone . Sehingga baterai smartphone mudah habis .

Tipz dari saya adalah untuk selalu memakai cas ori pabrik saat charge smartphone anda . Jika tidak punya ,ya beli lah .

8. Widget Pada Homescreen


Widget memang dapat mempercantik tampilan dalam smartphone . Berbagai hal bisa kita lihat secara instan dengan memanfaatkan widget tanpa harus repot-repot membuka aplikasi bersangkutan.

Namun banyaknya penggunaan widget juga akan membuat baterai semakin cepat terkuras . Dan juga memperlambat kinerja smartphone .

Tipz dari saya adalah untuk mengurangi penggunaan widget yang dirasa kurang penting. Jika ingin memasang widget , gunakanlah yang seperti jam dan kalender . 

Dan jangan gunakan widget online seperti perkiraan cuaca yang menyedot banyak kuota dan daya baterai . Juga hindarkan pemakaian live wallpaper atau wallpaper hidup yang saya pastikan menguras banyak daya baterai smartphone anda .


Nah sekian penjelasan dari saya mengenai berbagai hal yang dapat menyebabkan baterai android cepat habis dan beberapa tipz untuk mengatasinya .

Semoga bermanfaat .۝ 

1 Response to "Sebab Baterai Android Cepat Boros Dan Cara Mengatasinya"

Terimakasih telah membaca : Sebab Baterai Android Cepat Boros Dan Cara Mengatasinya. Silahkan masukan email anda dibawah ini! untuk mendapatkan artikel terbaru dari Reza Tholib. Terimakasih.