Penting!!! Inilah Perbedaan Mode Sleep Dan Mode Hibernate


Inilah Perbedaan Mode Sleep Dan Mode Hibernate-Seperti yang telah anda ketahui , bahwa laptop windows 7 memiliki 4 pilihan mode power . Yaitu Sleep, Restart, Hibernate dan Shutdown .

Saat ingin berhenti menggunakan laptop dalam jangka waktu yang cukup lama , biasanya anda akan menggunakan shut down . Dan itu merupakan hal yang benar .

Namun jika anda hanya meninggalkan laptop dalam waktu yang relatif singkat . Seperti ditinggal jajan atau sholat , maka anda akan menggunakan mode sleep atau hibernate .

Apakah anda berpikir bahwa mode sleep dan mode hibernate itu sama . Jika ya ,maka anda salah besar .Karena penggunaan dan keuntungan menggunakan kedua mode itu cukuplah berbeda .

Sebelum kita melanjut pada pembahasan , perlu diketahui . Sleep memiliki arti tidur dalam bahasa Indonesia. Demikian pula dengan hibernate, artinya tidur panjang. Lantas, apa perbedaan keduanya? . Simak saja dibawah ini :

Mode Sleep


Sleep mode adalah fitur menghemat listrik yang digunakan jika ingin meninggalkan komputer dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Ketika sebuah komputer memasuki Sleep mode, maka komputer anda akan berhenti memproses data. Data aktivitas komputer disimpan di dalam memori, untuk digunakan lagi jika anda membutuhkan.

Mode Sleep akan aktif jika komputer masih menyala tetapi tidak digunakan dalam waktu yang lama atau tidak ada aktifitas yang dilakukan oleh pengguna pada komputer.

Pada laptop atau Notebook juga sama, namun jika daya baterai tidak cukup, mode ini akan otomatis menonaktifkan komputer. Pada saat mode Sleep aktif, komputer akan menggunakan sedikit daya.

Mode Sleep juga berguna untuk memudahkan laptop bekerja secara normal lagi dengan cepat (hitungan detik) dari posisi “tidur”.

Kenapa bisa cepat? Secara teknis dalam mode sleep laptop bisa di bilang dalam keadaan setengah sadar. Semua data dan program akan tersimpan dalam RAM dan bersifat sementara. Aplikasi yang lain akan berada dalam posisi standby. Hal ini yang menyebabkan laptop cepat sadar berbeda dari mode hibernate yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Mode Hibernate


Cara kerja mode Hibernate ini hampir sama seperti mode Sleep. Jika mode Sleep menyimpan sementara seluruh aktifitas kamu pada RAM, sedangkan mode Hibernate menyimpan seluruh aktifitas pada harddisk.

Selain itu, semua daya dari komponen yang terdapat pada komputer akan terputus. Termasuk pada monitor/layar, harddisk, port, perangkat peripheral, serta RAM.

Dengan kata lain, mode Hibernate ini hampir sama seperti mode Shutdown karena komputer benar-benar mati dan tidak ada lagi daya yang tersimpan atau digunakan.

Sehingga konsumsi daya yang dibutuhkan pada mode hibernate sangatlah kecil sekali dibandingkan mode Sleep.

Namun proses booting / penyalaan kembali laptop pada mode ini tergolong cukuplah lama .

Perbedaan Mode Sleep dan Mode Hibernate 


Dari kedua definisi mode sleep dan mode hibernate diatas . Saya akan menyimpulkan bahwa perbedaan pada kedua mode ini hanya terletak pada penggunaan daya baterai laptop dan proses bootingnya saja .

Pada mode sleep , daya baterai yang digunakan lebih besar ketimbang mode hibernate karena data yang akan ditampilkan sedang disimpan di RAM .

Pada mode hibernate , proses booting atau penyadaran laptop lebih lama dibanding mode sleep . Proses booting mode ini sama dengan shut down .

Perbedannya hanya terletak pada data yang dapat disimpan di mode hibernate . Sedangkan mode shut down akan langsung menghapus data atau close aplikasi yang sedang anda mainkan .

Perbedaan dari tampilan visual dari mode sleep dan mode hibernate adalah jika lampu indikator masih berkedip berarti menandakan laptop sedang mode sleep dan jika lampu indikator mati total seperti saat mode shut down , berarti sedang mode hibernate .

Mana Yang Lebih Efektif , Mode Sleep atau Mode Hibernate ???


Mode Hibernate
sangat efektif , jika digunakan saat kamu memiliki tugas yang sangat banyak dan akan kamu kerjakan kembali di lain hari dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, dalam mode Hibernate ini lebih aman digunakan. Meskipun komputer dalam keadaan mati (Shutdown), data yang belum sempat disimpan masih tetap aman, karena sebelumnya data akan otomatis disimpan pada harddisk.

Sedangkan untuk mode Sleep, bisa menjadi pilihan yang sangat tepat bagi kamu yang ingin mengerjakan pekerjaan kembali dengan cepat tanpa perlu menunggu proses booting atau penyalaan kembali . Namun di sisi lain daya baterai akan tetap terkuras walaupun sedikit demi sedikit .

Intinya ,pada mode sleep maupun mode hibernate sama - sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing . Tinggal cara pemakaian dari anda saja .


Nah sekian penjelasan dari saya mengenai perbedaan mode sleep dan mode hibernate pada laptop .

Semoga bermanfaat .....ᐠᑫᐸ

0 Response to "Penting!!! Inilah Perbedaan Mode Sleep Dan Mode Hibernate"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca : Penting!!! Inilah Perbedaan Mode Sleep Dan Mode Hibernate. Silahkan masukan email anda dibawah ini! untuk mendapatkan artikel terbaru dari Reza Tholib. Terimakasih.