5 Cara Fokus Memandang Layar Komputer Saat UNBK

5 Cara Betah Dan Fokus Memandang Komputer Saat UNBK


Pada kesempatan menulis artikel di pagi minggu ini , saya akan share tentang masalah yang sering terjadi saat UNBK . 

Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah sistem baru yang menerapkan media komputer sebagai pengganti kertas untuk pegerjaan ujian nasional .

Banyak pendapat yang pro dan kontra dengan diberlakukannya sistem ini . Mungkin karena sebagian orang belum tahu tentang masalah teknologi atau mungkin masalah kesehatan dan lain - lain .

Walaupun banyak yang kontra dengan sistem ini namun sistem ini tetap berjalan sampai sekarang ini . Bagi anda yang sudah kelas 9 SMP atau 12 SMA mungkin akan menghadapi UNBK ini .

Oleh karena itu anda harus menyiapkan mental , ilmu , dan kesehatan anda untuk menghadapi UNBK ini .

Dan berikut penjelasan mengenai cara agar betah memandang layar komputer saat unbk :

Masalah yang sering timbul saat UNBK adalah karena mata sakit disaat komputer terlalu terang dan sulit fokus dengan layar komputer .

Sebenarnya dapat diatasi dengan mengurangi kecerahan pada aplikasi yang dipakai saat UNBK . Namun
sekarang saat saya coba tidak bisa karena sudah settingan dari aplikasi tersebut .

Oleh karena itu akan saya jelaskan trik ampuhnya :

1. Menjaga Kesehatan Mata



Kesehatan mata sangatlah penting untuk menghadapi UNBK . Oleh karena itu anda harus rajin mengkonsumsi wortel , sayur bayam , alpukat , brokoli dan lain - lain . Alhasil mata anda akan lebih fokus saat mengerjakan UNBK .

Baca Juga : " 10 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata "

2. Tidur Yang Cukup Sebelum UNBK



Tidur sebelum UNBK ini adalah cara yang sangat penting untuk bisa tenang dan rileks dalam mengerjakan UNBK . Tipz dari saya adalah saat malam sebelum UNBK anda tidur jam 9 dan setelah subuh anda belajar sampai tuntas pelajaran yang akan dikerjakan .

3. Posisikan Jarak Mata Ideal Terhadap Layar Komputer



Memandang komputer yang ideal adalah cara terbaik untuk mencegah masalah UNBK , yaitu pusing kepala saat mengerjakaannya. Posisi mata yang ideal adalah 50-66 cm atau sekitar satu rentang tanganmu . Pada jarak tersebut , mata dapat melihat komputer dengan normal dan baik .

4. Lakukan Relaksasi Setiap 20 Menit



Saat mengerjakan UNBK , anda memang akan selalu fokus dan dituntut untuk mengerjakannya dengan cepat , namun anda tidak boleh tergesa - gesa dalam pengerjaanya karena waktu yang diberikan cukup lama , yaitu 120 menit per mata pelajaran .

Untuk itu , anda harus selalu melakukan relaksasi setiap 20 menit anda mengerjakan UNBK dengan cara mengalihkan perhatian pandangan matamu ke objek lain yang jaraknya sekitar 20 kaki selama 20 detik untuk mencegah kepenatan mata . Setelah itu anda bisa mengerjakaanya lagi .

Baca Juga : " 5 Menit Relaksasi Mata Saat Bermain Komputer "

Dari tips - tips diatas yang memang mudah dan penting anda lakukan agar dapat berkosentrasi mengerjakan UNBK . Namun rasanya kurang jika tidak menggunakan Trik yang pernah saya coba untuk mengikuti ujian berikut ini :

5. Menempelkan Kertas Mika Hijau Pada Layar Komputer


Trik ini mungkin belum dilakukan oleh banyak orang . Namun trik ini sangat berguna untuk meredam kecerahan layar dan meningkatkan fokus pada layar komputer . Trik ini saya dapatkan dari guru saya saat bimbingan belajar dan hasilnya pun cukup memuaskan . Dan berikut caranya :
  1. Beli kertas mika berwarna hijau , harganya 1 lembar cuma 500 rupiah .
  2. Lalu anda beli solasi kertas dan jangan menggunakan solasi bolak-balik apalagi steples .
  3. Bawa kesekolah .
  4. Tempelkan kertas mika tadi pada layar dengan menggunakan solasi kertas sebagai perekatnya yang ditempelkan pada pinggiran layat komputer dan jangan tempelkan solasi pada layar .
  5. Dan sudah jadi .


Nah sekian tips - tips dan trik dari saya untuk fokus dan betah memandang layar UNBK . Selain melakukan cara - cara diatas , anda juga harus rajin belajar . Kan percuma kalau matanya sudah oke tapi otaknya belum oke .


3 Responses to "5 Cara Fokus Memandang Layar Komputer Saat UNBK"

Terimakasih telah membaca : 5 Cara Fokus Memandang Layar Komputer Saat UNBK. Silahkan masukan email anda dibawah ini! untuk mendapatkan artikel terbaru dari Reza Tholib. Terimakasih.